Career Center UNEJ

Sept. 14, 2024


Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang diperuntukkan bagi mahasiswa akademik dan vokasi di jenjang perguruan tinggi. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara intensif dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan selama satu semester di perguruan tinggi terpilih.

Program Wirausaha Merdeka (WMK) berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi sebagai mitra pelaksana, yang bekerja sama dengan Kemendikbudristek untuk mendorong minat mahasiswa dalam berwirausaha, program ini mengembangkan pembelajaran wirausaha yang mampu mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa. 

Selain bermanfaat bagi mahasiswa dan lingkungan sekitarnya, dengan melahirkan lulusan-lulusan yang memiliki bekal sebagai wirausahawan, Program WMK juga mendukung target pencapaian nasional satu juta wirausahawan baru pada tahun 2024, yang telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022, pelaksanaan WMK akan berlangsung selama satu semester di berbagai perguruan tinggi mitra. Mahasiswa yang mengikuti program ini juga memiliki kesempatan untuk mengkonversi kredit kuliah hingga 20 SKS.